RPP BAHASA INDONESIA KELAS 5 SD

 

 

 
   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas / Semester           :  5 / Pertama

Standar Kompetensi   : 4.  Menulis

Mengungkap-kan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis

 

Waktu                          :  4 X 35 Menit

 

MENULIS

  1. A.    Kompetensi Dasar

4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan

 

  1. B.     Tujuan Pembelajaran**:

-      Siswa dapat Menentukan judul karangan.

-      Siswa dapat Melengkapi bagian awal, tengah, akhir cerita.

-      Siswa dapat Menulis karangan berdasarkan pengalaman.

-      Siswa dapat Membaca karangan yang dibuat sendiri. ( NK. Bersahabat / Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. )

-      Siswa dapat Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat.

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Bersahabat / Komunikatif,, Cinta Tanah Air

 

  1. C.    Materi Pokok               
  • Teks Karangan

 

  1. D.    Pengalaman Belajar
  • Kegiatan Awal                        :

Apersepsi  dan Motivasi :

-      Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari

-      Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan Menulis karangan

  • Kegiatan Inti                           :

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Membaca karangan yang dibuat sendiri.

F Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menentukan judul karangan.

F Melengkapi bagian awal, tengah, akhir cerita. ( Bersahabat / Komunikatif )

F Menulis karangan berdasarkan pengalaman.

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengerjakan soal-soal latihan

F Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis tentang pilihan kata dan penggunaan ejaan

 

  1. E.     Metode/Sumber Belajar
  • Metode                        :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
  • Sumber Belajar            :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

 

  1. F.     Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Cinta Tanah Air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa
  • Bersahabat / Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Siswa dapat menentukan judul karangan.
  • Siswa dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita.
  • Siswa dapat menulis karangan berdasar-kan penga-laman.
  • Siswa dapat membaca karangan yang dibuat.
  • Siswa dapat memahami penggunaan kata “tanpa”.
  • Tertulis
  • Potofolio
 

 

Lembar penilaian

Produk

  • Tulislah  karangan berdasar-kan penga-laman!

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

 

4

2

1

 

4

2

1

 

4

2

1

 

 


LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

 

 

 

 

 

 

   CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                      

 

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas / Semester           :  5 / Pertama

Standar Kompetensi   :  4.    Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis

 

Waktu                          :  4 X 35 Menit

 

MENULIS

  1. A.    Kompetensi Dasar

4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara keagamaan, kegiatan sekolah, kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan

 

  1. B.     Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa dapat Membaca surat undangan. ( NK. Bersahabat / Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. )
  • Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai surat undangan
  • Siswa dapat Melengkapi surat undangan

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Bersahabat / Komunikatif,, Cinta Tanah Air

 

  1. C.    Materi Pokok               
  • Teks Undangan Resmi

 

  1. D.    Pengalaman Belajar
  • Kegiatan Awal            :

Apersepsi  dan Motivasi :

-      Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari

-      Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan Menulis surat undangan

  • Kegiatan Inti                           :

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Memahami bagian-bagian surat undangan resmi.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melengkapi surat undangan dengan tepat. ( Bersahabat / Komunikatif )

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengerjakan soal-soal latihan

F Menulis surat undangan (ulang tahun, acara keagamaan, kegiatan sekolah, kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan

 

  1. E.     Metode/Sumber Belajar
  • Metode                        :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
  • Sumber Belajar            :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

 

  1. F.     Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Cinta Tanah Air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa
  • Bersahabat / Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
  • Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat.

 

  • Tertulis
  • Portofolio

 

Lembar penilaian

Produk

  • Lengkapi-lah surat undangan resmi  dengan tepat!

 

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

 

4

2

1

 

 LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

 

 

 

 

 

 

 

 

 CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       

 

 

                                         

 

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas / Semester           :  5 / Pertama

Standar Kompetensi   :  4.    Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis

 

Waktu                          :  4 X 35 Menit

 

MENULIS

  1. A.    Kompetensi Dasar

4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya

 

  1. B.     Tujuan Pembelajaran**:          
  • Siswa dapat Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya. ( NK. Bersahabat / Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. )

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Bersahabat / Komunikatif,, Cinta Tanah Air

 

  1. C.    Materi Pokok               
  • Teks Dialog

 

  1. D.    Pengalaman Belajar
  • Kegiatan Awal                        :

Apersepsi  dan Motivasi :

-      Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari

-      Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber

  • Kegiatan Inti                           :

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Membaca contoh dan kesimpulan dialog.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog.

F Menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.

F Memperagakan dialog yang dibuat. ( Bersahabat / Komunikatif )

F Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.

F Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.

F Membuat kalimat seru

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Mengerjakan soal-soal latihan

F Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

 

  1. E.     Metode/Sumber Belajar
  • Metode                        :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
  • Sumber Belajar            :  Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

 

  1. F.     Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Cinta Tanah Air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa
  • Bersahabat / Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog.
  • Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan.
  • Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
  • Siswa dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas.
  • Siswa dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
  • Siswa dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
  • Siswa dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda seru ( ! )
  • Tertulis
  • Tertulis
  • Penugasan
 

 

Lembar penilaian

Produk

  • Tulislah dialog dengan tema yang telah di tentukan berdasar-kan gambar!
  • Peragakanlah percakapan dan menyimpulkan isi percakapan!

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

 

4

2

1

 

 

 LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

 

 

 

 

 

 

 

   CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                          

 

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :


 

 

 
   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             :   5 (lima)/2 (dua)

Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

 

 

  1. A.    Standar Kompetensi   

       5.  Mendengarkan

Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan

 

  1. B.     Kompetensi Dasar      

    5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan       

 

  1. C.    Tujuan Pembelajaran**    
  • Siswa dapat menjelaskan cerita tentang peristiwa dan memberikan  komentar/saran yang logis dengan bahasa yang santun

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Tanggungjawab, Bersahabat / Komunikatif, 

 

  1. D.    Materi Ajar                     
  • Peristiwa yang terjadi di sekolah

 

  1. E.     Metode Pembelajaran 
  • Ceramah, Tanya jawab, latihan

 

  1. F.     Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Awal

Apersepsi  dan Motivasi :

F Siswa berdo’a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara rnengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.

F Untuk membangkitkan Motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekolah

F Siswa diberi kesempatan untuk bertanya rnengenai Materi pembelajaran.

  • Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut melalui kegiatan ceramah dan tanya jawab,

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

F Siswa diberi tugas untuk mengomentari cerita tentang suatu peristiwa di lingkungan sekitarnya dengan memberikan alasan logis dan menggunakan bahasa yang santun.

 

  1. G.    Alat/Bahan/Sumber Belajar 
  • Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B Penerbit umum dan Standar Isi 2006
  1. H.    Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Tanggungjawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas

dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,

terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

  • Bersahabat / Komuniktif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Siswa mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa
  • Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan Guru
  • Siswa menanggapi suatu masalah di sekitar
 

Tes Lisan dan tertulis

Lembar penilaian

Produk

  • Coba jelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut
  • Berikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun terhadap peristiwa yang terjadi di sekolah !

 

                                                                                
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

 

4

2

1

 

4

2

1

 

4

2

1

 

 

 LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

 

 

 

 

 

 

 

 

   CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                         

 

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             :   5 (lima)/2 (dua)

Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

 

  1. A.    Standar Kompetensi  

       5.  Mendengarkan

Memehami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan

  1. B.     Kompetensi Dasar   
  • Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)

 

  1. C.    Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa dapat menjelaskan memahami dan menceritakan kembali isi cerita pendek dengan bahasa sendiri.

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Tanggungjawab, Bersahabat / Komunikatif

 

  1. D.    Materi Ajar
  • Cerita pendek anak

 

  1. E.     Metode Pembelajaran 
  • Ceramah, Tanya jawab, latihan, penugasan

 

  1. F.     Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatatl Awal

Apersepsi  dan Motivasi :

-       Siswa berdo’a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.

-       Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa mendengarkan cerita.

-       Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai Materi pembelajaran.

  • Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya melalui kegiatan tanya jawab dan ceramah.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa menentukan latar cerita dengan mengutip.kalimat atau paragraf yang mendukung melalui kegiatan latihan dan penugasan.

F Siswa menentukan tema cerita melalui kegiatan latihan dan penugasan

F Siswa menentukan amanat yang terkandung dalam cerita latihan dan penugasan.

F Siswa menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri melalui kegiatan ceramah dan penugasan.

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa dan guru rnengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

F Siswa diberi tugas untuk mengidentifikasi cerita yang lain.

 

  1. G.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
  • Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum dan Standar Isi 2006

 

  1. H.    Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Bersahabat / Komuniktif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Siswa dapat mendengarkan pembaca cerita.
  • Siswa dapat bertanya jawab tentang isi cerita yang di dengar
 

Tes Lisan dan tertulis

Lembar penilaian

Produk

  • Jelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya !
  • Tentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung !
  • Tentukan tema ceritanya !
  • Jelaskan amanat atau pesan yang terkandung dalam cerita !
  • Ceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri !

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

 

4

2

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

 

 

 

 

 

 

  

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                      

 

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             :   5 (lima)/2 (dua)

Pertemuan Ke              :   3

Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

 

  1. A.    Standar Kompetensi  

       6.  Berbicara

Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama

 

  1. B.     Kompetensi Dasar    

6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan piiihan kata dan santun berbahasa.

 

  1. C.    Tujuan Pembelajaran** 
  • Siswa dapat mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang logis.

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Tanggungjawab, Bersahabat / Komunikatif

 

  1. D.    Materi Ajar
  • Persoalan faktual

 

  1. E.     Metode Pembelajaran
  • Ceramah, diskusi, latihan, penugasan

 

  1. F.     Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatsn Awal

Apersepsi  dan Motivasi :

F Siswa berdo’a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secafa bersama-sama.

F Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membentuk kelompok diskusi yang terdiri atas 4-6 siswa per kelompoknya.

F Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai Materi pembelajaran.

  • Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa menanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topik melalui kegiatan ceramah dan tanya jawab.

F Siswa memberikan pendapat dan saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang dikemukakan teman melalui ceramah dan tanya jawab.

F Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman melalui kegiatan diskusi dan latihan.

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar

F Siswa mengumpulkan dan menyerahkan hasil diskusi berdasarkan kelompoknya masing-masing.

 

  1. G.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
  • Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum dan Standar Isi 2006

 

  1. H.    Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Bersahabat / Komuniktif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Siswa dapat mencermati persoala atau masalah yang diajukan
  • Siswa dapat menanggapi masalah yang di diajukan
 

Tes Lisan dan tertulis

Lembar penilaian

Produk

  • Coba identifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman !
  • Tanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topik !
  • Coba berikan pendapat san saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan factual yang dikemukakan teman!
  • Berilah kesimpulan dari pokok-pokok yang dikemukakan teman !

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

 

4

2

1

 


 LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

 

 

 

 

 

 

 

 

   CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                      

 

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             :   5 (lima)/2 (dua)

Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

 

  1. A.    Standar Kompetensi   

6.  Berbicara

Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama

 

  1. B.     Kompetensi Dasar     

6.2  Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang tepat.

 

  1. C.    Tujuan Pembelajaran** 
  • Siswa dapat memerankan tokoh drama dengan lafal dan intonasi yang tepat.

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Tanggungjawab, Bersahabat / Komunikatif

 

  1. D.    Materi Ajar
  • Drama pendek         

                        

  1. E.     Metode Pembelajaran
  • Ceramah, latihan, demontrasi

 

  1. F.     Langkah-langkah  Pembelajaran
  • Kegiatan Awal

Apersepsi  dan Motivasi :

-       Siswa berdo’a dan selanjutnya guru mengadakan apSrsepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.

-       Untuk membangkitkan motivasi beiajar, siswa membaca teks drama pendek.

-       Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.

  • Kegiatan Inti  

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas melaiui kegiatan latihan dan demontrasi.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai karakter tokoh melaiui kegiatan ceramah, iatihan, dan demontrasi.

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil beiajar.

F Siswa diberi tugas untuk berlatih kembali memerankan drama yang lain.

 

  1. G.    Alat/Bahan/Sumber Beiajar
  • Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Naskah drama, dan Standar Isi 2006
  1. H.    Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Bersahabat / Komuniktif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Memeran-kan tokoh drama
  • Mengung-kapkan pendapat tentang drama
 

Tes Lisan dan tertulis

Lembar penilaian

Produk

  • Bacalah dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.
  • Perankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai :       karakter tokoh!

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

 

4

2

1

 

 LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

 

 

 

 

 

   CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                          

 

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             :   5 (lima)/2 (dua)

Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

 

  1. A.    Standar Kompetensi

       7.   Membaca

Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak

 

  1. B.     Kompetensi Dasar 

7.1     Membandingkan isi dua teks yang  dibacadengan membaca sekilas

 

  1. C.    Tujuan Pembelajaran** 
  • Siswa dapat membandingkan isi dua teks melalui membaca sekilas.

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Tanggungjawab, Bersahabat / Komunikatif

 

  1. D.    Materi Ajar
  • Berbagai teks

 

  1. E.     Metode Pembelajaran
  • Ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan

                                                                                                                

  1. F.     Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Awal

Apersepsi  dan Motivasi :

-       Siswa berdo’a dan seianjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.

-       Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks bacaan.    
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.

  • Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa menjelaskan garis besar isi teks melalui kegiatanlatihan dan penugasan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa membaca dua teks yang bertema sama melalui kegiatan ceramah, tanya jawab, dan latihan

F Siswa membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan melalui kegiatan tanya jawab dan penugasan.                                                                                                               

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa dan guru mengadakanYefleksi tentang proses dan hasil belajar.          

F Siswa diberi tugas untuk membandingkan dua teks sebagai umpan balik.

 

  1. G.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
  • Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Berbagai buku pengetahuan dan sastra, dan Standar isi 2006.

 

  1. H.    Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Bersahabat / Komuniktif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Membaca dua bacaan
  • Mencatat persamaan dan perbedaan dari kedua bacaan
 

Tes Lisan dan tertulis

Lembar penilaian

Produk

  • Bacalah dua teks yang bertema sama!          
  • Jelaskan garis besar isi teks yang kamu baca !                                                            
    Bandingkan isi antar teks dengan memberikan alasannya !

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

 

4

2

1

 

 LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

   CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

 

                                                                                       

                                      

 

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             :   5 (lima)/2 (dua)

Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

 

  1. A.    Standar Kompetensi

       7.   Membaca

Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak

 

  1. B.     Kompetensi Dasar

7.2   Menemukan informasi secara cepat dari  berbagai  teks khusus (buku petunjuk  telepon, jadwal perjalanan daftar acara, menu dll

 

  1. C.    Tujuan Pembelajaran** 
  • Siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat serta menjelaskannya dengan tepat.

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Tanggungjawab, Bersahabat / Komunikatif

 

  1. D.    Mater) Ajar
  • Jadwal perjalanan, sarana transportasi, susunan acara, kamus, buku petunjuk telefon, ensklopedia.

 

  1. E.     Metode Pembelajaran
  • tanyajawab, latihan, penugasan

 

  1. F.     Langkah-langkah Pembelajaran :
  • Kegiatan Awal

Apersepsi  dan Motivasi :

-       Siswa berdo’a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.

-       Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks bacaan.

-       Siswa diberi kesernpatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.

  • Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa menjelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi melalui kegiatan tanya jawab dan penugasan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman melalui kegiatan tanya jawab dan penugasan

F Siswa menuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan melalui kegiatan latihan dan penugasan,

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

F Siswa diberi tugas menjelaskan jadwal kegiatannya di rumah masing-masing.

 

  1. G.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
  • Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , serta Standar isi 2006.

 

  1. H.    Penilalan

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Bersahabat / Komuniktif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Membaca jadwal siaran lelevisi
  • Menjawab pertanyaan
  • Menjelas-kan jadwal dalam bentuk kalimat
 

Tes Lisan dan tertulis

Lembar penilaian

Produk

  • Coba temukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman
  • Jelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi !
  • Tuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan !

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

 

4

2

1

 


 LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

 

 

 

 

 

 

 

 

   CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       

                                      

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             :   5 (lima)/2 (dua)

Pertemuan Ke              :   7

Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

 

  1. A.    Standar Kompetensi 

       7.   Membaca

Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak

 

  1. B.     Kompetensi Dasar   

7.2      Menemu-kan informasi secara cepat dari  berbagai  teks khusus (buku petunjuk  telepon, jadwal perjalanan daftar acara, menu dll

 

  1. C.    Tujuan Pembelajaran** 
  • Siswa dapat menjawab peratanyan
  • Siswa dapat menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Tanggungjawab, Bersahabat / Komunikatif

 

  1. D.    Materi Ajar
  • Daftar susunan acara

 

  1. E.     Metode Pembelajaran
  • ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan

 

  1. F.     Langkah-langkah pembelajaran :
  • Kegiatan Awal

Apersepsi  dan Motivasi :

-       Siswa berdo’a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib naslonal secara bersama-sama.

-       Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa mernbaca berbagai teks khusus.

-       Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.

  • Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mempergakan percakapan secara kelompok atau perorangan

F Siswa dapat menjawab peratanyan

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

-       Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

-       Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan cerita anak yang lain sebagai pengayaan.

 

  1. G.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
  • Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Teks cerita dan Standar isi 2006.

 

  1. H.    Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Bersahabat / Komuniktif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Membaca jadwal siaran lelevisi
  • Menjawab pertanyaan
  • Menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat
 

Tes Lisan dan tertulis

Lembar penilaian

Produk

  • Coba identifikasi isi cerita anak !
  • Jelaskan isi cerita anak di atas !
  • Buatlah kesimpulan dari isi cerita anak !

 

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

 

4

2

1

 


LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

 

 

 

 

 

 

 

   CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             :   5 (lima)/2 (dua)

Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

 

  1. A.    Standar Kompetensi 

       7.   Membaca

Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak

 

  1. B.     Kompetensi Dasar   

7.3 Menyim-pulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat

 

  1. C.    Tujuan Pembelajaran** 
  • Siswa dapat mendengarkan cerita dgn baik.
  • Bertanya jawab tentang cerita
  • Siswa dapat menuliskan kesimpulan

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Tanggungjawab, Bersahabat / Komunikatif

 

  1. D.    Materi Ajar
  • Cerita anak

 

  1. E.     Metode Pembelajaran
  • ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan

 

  1. F.     Langkah-langkah pembelajaran :
  • Kegiatan Awal

Apersepsi  dan Motivasi :

-       Siswa berdo’a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib naslonal secara bersama-sama.

-       Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa mernbaca berbagai teks cerita anak.

-       Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.

  • Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa menjelaskan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa rnengidentifikasi isi cerita anak melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.

F Siswa menyimpulkan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

F Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan cerita anak yang lain sebagai pengayaan.

 

  1. G.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
  • Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Teks cerita dan Standar isi 2006.

 

  1. H.    Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Bersahabat / Komuniktif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Membaca cerita
  • Menjawab pertanyaan
  • Menuliskan kesimpulan isi cerita
 

Tes Lisan dan tertulis

Lembar penilaian

Produk

  • Tuliskan kesimpulan isi cerita!

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

 

4

2

1

 


 LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

 

 

 

 

 

 

 

   CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                         

 

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             :   5 (lima)/2 (dua)

Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

 

  1. A.     Standar Kompetensi 

       8.   Menulis

  • Mengungkapkan pikiran , perasaan, informasi, dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.

 

  1. B.     Kompetensi Dasar    
  • 8.1. Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan

 

  1. C.    Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa dapat meringkas isi buku dengan memperhatikan penggunaan ejaan

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Tanggungjawab, Bersahabat / Komunikatif

 

  1. D.    Materi Ajar
  • Buku pengetahuan dan cerita.

 

  1. E.     Metode Pembelajaran
  • ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan

 

  1. F.     Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Awal

Apersepsi  dan Motivasi :

-       Siswa berdo’a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan saiah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.

-       Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai buku pengetahuan dan cerita-cerita anak.

-       Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.

  • Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat meringkas isi buku dengan memperhatikan penggunaan ejaan

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa menulis pokok-pokok isi buku melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.

F Siswa menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat melalui kegiatan lagihan dan penugasan.

F Siswa menyimpulkan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

F Siswa diberi tugas untuk menuliskan pokok-pokok isi buku lain dan meringkasnya ke dalam beberapa kalimat

 

  1. G.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
  • Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , serta Standar Isi 2006.
  1. H.    Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Bersahabat / Komuniktif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Memahami langkah-langkah dalam kegiatar meringkas
  • Membaca saksama bacaan yang akan diringkas
  • Meringkas bacaan atau buku
 

Tes Lisan dan tertulis

Lembar penilaian

Produk

  • Tulislah pokok-pokok dari isi buku !
  • Tulislah ringkasan buku dalam beberapa kalimat!

                      

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

2.

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

Praktek

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

21

 

4

2

1

4

2

1

 

 LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

7.

 

 

 

 

 

 

 

   CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       

                                         

 

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             :   5 (lima)/2 (dua)

Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

 

 

  1. A.    Standar Kompetensi  

       8.   Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.

 

  1. B.     Kompetensi Dasar    

8.2   Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan,  konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

 

  1. C.    Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa dapat menulis laporan pengamatan atau kunjungan dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Tanggungjawab, Bersahabat / Komunikatif

 

  1. D.    Materi Ajar
  • Sistematika penyusunan laporan.            

 

  1. E.     Metode Pembelajaran
  • ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan     

 

  1. F.     Langkah-langkan Pembelajaran
  • Kegiatan Awal

Apersepsi  dan Motivasi :

-       Siswa berdo’a dan selanjutnya guru rnengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta’dilanjutkah dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.

-       Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa menyiapkan rancangan laporan.

-       Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.

  • Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat menulis laporan pengamatan atau kunjungan dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.

F Siswa memperbaiki tulisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik melalui kegiatan tanya jawab, diskusi dan penugasan.

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa dan guru rnengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.       

F Siswa diberi tugas untuk mengumpulkan hasil laporan.

 

  1. G.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
  • Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , dan Standar Isi 2006.

 

  1. H.    Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Bersahabat / Komuniktif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Menyusun laporan peristiwa
  • Menyampaikan laporan secara lisan
  • Memperbaiki tulisan laporan
 

Tes Lisan dan tertulis

Lembar penilaian

Produk

  • Tulislah laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) !
  • Coba perbaiki tuiisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik

 

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

 

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

 

4

2

1

 

 LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

 

 

 

 

 

 

 

 

   CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                       

                                      

 

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                         :  SDIT PUI CIBITUNG KEMANG

Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             :   5 (lima)/2 (dua)

Pertemuan Ke              :   10

Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

 

  1. A.    Standar Kompetensi 

       8.   Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.

 

  1. B.     Kompetensi Dasar      

8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.

 

  1. C.    Tujuan Pembelajaran**         
  • Siswa dapat menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat

 

v Karakter siswa yang diharapkan :   

  • Tanggungjawab, Bersahabat / Komunikatif

 

  1. D.    Materi Ajar            
  • Puisi.

 

  1. E.     Metode Pembelajaran
  • ceramah, latihan, penugasan

 

  1. F.     Langkah-langkah Pembelajaran :
  • Kegiatan Awal

Apersepsi  dan Motivasi :

-       Siswa berdo’a dan seianjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkarf dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.

-       Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa menyiapkan catatan untuk menulis puisi.

-       Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran

  • Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Siswa menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman melalui kegiatan ceramah dan latihan

F Siswa menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat melalui kegiatan latihan dan penugasan.

& Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • KegiatanPenutup

      Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

F Siswa diberi tugas untuk menulis puisi bebas dengan tema yang lain sebagal pengayaan.

 

  1. G.    Alat/Bahan/Sumber Belajar 
  • Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Naskah puisi,dan Standar Is; 2006.

 

  1. H.    Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  • Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Bersahabat / Komuniktif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
  • Membaca contoh puisi
  • Menulis puisi
 

Tes Lisan dan tertulis

Lembar penilaian

Produk

  • Tentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman !
  • Tulislah puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

Pengetahuan

 

 

 

Praktek

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

 

4

2

1

 

 LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

   CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                      

 

Mengetahui,

Kepala SDIT PUI

 

 

 

Mara Hariri Sidqi SE. SPdi.

NIP / NIK :

 

……….., …………………….. 20…..

Guru Mapel ……………………………

 

 

 

Desi Indah Sari

NIP / NIK :

 GambarGambar

About these ads

About sditpuicibitung

sdit pui cibitung kemang. terletak di kota bogor kecamatan tenjolaya kab bogor. sekolah dasa pertama yang berwawasan al quranul karim. memiliki motto : "pandai mengaji berakhlak terpuji dan berprestasi" visi mewujudkan generasi qur'ani yang berprestasi dan mandiri
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s